Format Word
Format Pdf
SILABUS
Sekolah : Sekolah Dasar
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen
Kelas / Semester : VI / Ganjil
Standart Kompetensi : Mendeskripasikan makna ibadah yang sesungguhnya, khususnya dalam seluruh aktifitas hidup manusia.
Aspek : Allah Tritunggal dan KaryaNya, dan Nilai-Nilai Kristiani
KOMPETENSI DASAR | MATERI POKOK | PENGALAMAN BELAJAR | INDIKATOR | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER, BAHAN / ALAT | ||
JENIS INSTRUMEN | BENTUK INSTRUMEN | CONTOH INTSRUMEN | ||||||
Siswa mampu memahami makna ibadah | Konsep Ibadah Sebagai Kegiatan Ritual | · Menjelaskan makna ibadah menurut kitab Perjanjian Lama. · Menjelaskan makna badah menurut kitab Perjanjian Baru. · Menjelaskan prinsip-prinsip persamaannya. · Mempertanyakan perbedaan makna menurut pengertian kitab Perjanjian Lama dengan kitab Perjanjian Baru. · Mendemonstrasikan kegiatan ibadah dalam kehidupan sehari-hari. | Menjelaskan makna ibadah | Tes Tertulis | Jawaban Singkat | Ø Hari apakah bagi orang Israel hari ketujuh? Ø Bagi orang Kristen hari ketujuh adalah? Ø Apakah arti Gereja? Ø Siapakah yang dikatakan Gereja? | 3 jam | o Alkitab o Buku PAK kelas 6, Mitra Medan, 2006 o Buku PAK kelas 6, BMI Bandung, 2006 o Buku PAK kelas 6, BPK GM Jakarta, 2007 |
Bentuk-bentuk Ibadah | · Membuat daftar ibadah (kebaktian) yang ada dalam gerejanya masing-masing. · Menyebutkan unsure-unsur yang ada dalam kegiatan ibadah yang ada dalam gerejanya masing-masing. · Mengidentifikasikan bentuk-bentuk ibadah pada zaman Perjanjian Lama. · Menjelaskan makna nyanyian sebagai cara beribadah kepada Allah. · Mengimani makna nyanyian sebagai cara beribadah kepada Allah. · Mendemonstrasikan ibadah nyanyian kepada Allah dalam kehidupannya sehari-hari. · Menjelaskan makna doa sebagai cara beribadah kepada Allah. · Mengimani makna doa sebagai cara beribadah kepada Allah. · Mendemonstrasikan doa sebagai cara beribadah kepada Allah dalam kehidupan sehari-hari. · Menjelaskan makna perbuatan yang menyenangkan hati Allah sebagai cara beribadah kepada Allah. · Mengimani makna perbuatan yang menyenangkan hati Allah sebagai cara beribadah kepada Allah. · Mendemonstrasikan perbuatan baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari sebagai cara beribadah kepada Allah. · Menjelaskan makna membaca Alkitab sebagai cara beribadah kepada Allah. · Mengimani makna membaca Alkitab sebagai cara beribadah kepada Allah. · Mendemonstrasikan membaca Alkitab dalam kehidupan sehari-hari sebagai cara beribadah kepada Allah. · Menjelaskan makna ibadah Minggu sebagai cara beribadah kepada Allah. · Menjelaskan arti gereja. · Mengimani makna ibadah Minggu sebagai cara beribadah kepada Allah. · Mendemonstrasikan setiap minggunya rajin ke gereja. | Mengidentifikasi cara beribadah kepada Allah melalui kegiatannya sehari-hari | Penugasan | Laporan | Tuliskanlah daftar bentuk kegiatan kebaktian Minggu di gerejamu masing-masing! | 9 jam | o Alkitab o Buku PAK kelas 6, Mitra Medan, 2006 o Buku PAK kelas 6, BMI Bandung, 2006 o Buku PAK kelas 6, BPK GM Jakarta, 2007 o Daftar Ibadah dari gereja masing - masing siswa o Almanak o Kidung Jemaat. | |
Tes Tertulis | Uraian | Ø Tuliskanlah unsure-unsur yang ada dalam kegiatan ibadah dari hasil laporanmu! Ø Bagaimanakah bentuk-bentuk ibadah pada zaman Perjanjian Lama? | ||||||
Mengenal Bentuk Ibadah Pada Agama Lain | · Menjelaskan cara beribadah agama Islam. · Mengoreksi persamaan cara beribadah agama Islam dengan iman Kristen. · Memilah perbedaan cara beribadah agama Islam dengan agama Kristen. · Menjelaskan cara beribadah agama Hindu. · Mengoreksi persamaan cara beribadah agama Hindu dengan agama Kristen. · Memilah perbedaan cara beribadah agama Hindu dan agama Kristen. · Menjelaskan cara beribadah agama Budha. · Mengoreksi perbedaan cara beribadah agama Budha dengan agama Kristen. · Memilah persamaan cara beribadah agama Budha dengan agama Kristen. · Menjelaskan cara beribadah agama-agama suku. · Mengoreksi persamaan cara beribadah agama suku dengan agama Kristen. · Memilah perbedaan cara beribadah agama-agama suku dengan agama Kristen. · Menyebutkan bunyi Tri Kerukunan Umat Beragama. · Menyetujui makna pentingnya keberadaan Tri Kerukunan Umat Beragama. · Mendemontrasikan Tri Kerukunan Umat Beragama dalam kehidupan sehari-hari. | Mengenal bentuk peribadahan pada agama lain | Tes Lisan | Pemaparan | Sebutkan bunyi Tri Kerukunan Umat Beragama! | 3 jam | o Alkitab o Buku PAK kelas 6, Mitra Medan, 2006 o Buku PAK kelas 6, BMI Bandung, 2006 o Buku PAK kelas 6, BPK GM Jakarta, 2007 | |
Pentingnya Membaca Alkitab | · Membedakan Alkitab dengan buku-buku lain · Menyebutkan jumlah buku dalam Alkitab. · Menyebutkan nama-nama kitab yang ada dalam Alkitab. · Menjelaskan secara singkat isi dari kitab Perjanjian Lama. · Menjelaskan secara singkat isi dari kitab Perjanjian Baru. · Menjelaskan isi singkat dalam Alkitab. · Mengelompokkan pembagian-pembagian kitab dalam Alkitab. · Mendemonstrasikan cara membaca Alkitab yang baik dan benar. · Mengimani isi Alkitab adalah Firman Allah yang tertulis. · Mengimani kerajinan membaca Alkitab sebagai bentuk ibadah kepada Allah · Mendemonstrasikan sifat rajin membaca Alkitab dalam kehidupan sehari-hari. | Beribadah kepada Allah dengan membaca Alkitab | Tes Lisan | Uraian | Apakah perbedaan Alkitab dengan buku-buku lain? | 9 jam | o Alkitab o Buku PAK kelas 6, Mitra Medan, 2006 o Buku PAK kelas 6, BMI Bandung, 2006 o Buku PAK kelas 6, BPK GM Jakarta, 2007 | |
Tes Lisan | Pemaparan | Sebutkanlah nama-nama kitab yang ada dalam Alkitab! | ||||||
Unjuk Kerja | Demonstrasi | Praktekkanlah cara membaca Alkitab yang baik dan benar | ||||||
Pentingnya Membina Relasi Dengan Allah | · Mempertanyakan tujuan Allah menciptakan manusia. · Menjelaskan tujuan Allah menciptakan manusia. · Menyebutkan kekurangan-kekurangan yang ada pada dirinya. · Menjelaskan tujuan bersahabat dengan Allah. · Menjelaskan peranan Allah dalam kehidupan manusia. · Mengimani peranan Allah dalam kehidupannya sehari-hari. · Memposisikan diri sebagai sahabat Allah. | Menjelaskan pentingnya membina relasi dengan Allah | Tes Lisan | Uraian | Ø Kenapa Allah menciptakan manusia? Ø Sebutkan kekurangan-kekurangan yang ada pada dirimu! | 3 jam | o Alkitab o Buku PAK kelas 6, Mitra Medan, 2006 o Buku PAK kelas 6, BMI Bandung, 2006 o Buku PAK kelas 6, BPK GM Jakarta, 2007 | |
Cara Membangun Relasi Dengan Allah | · Merancang beberapa cara membangun relasi dengan Allah. · Menjelaskan cara membangun relasi dengan Allah. · Mendaftarkan beberapa sikap yang sesuai dengan sebagai relasi dengan Allah. · Memilih sikap yang benar sebagai sahabat Allah. · Mendemonstrasikan cara membangun relasi dengan Allah dalam kehidupannya sehari-hari. | Membangun relasi dengan Allah dengan perbuatan-perbuatan yang sesuai dengan kehendak Allah | Tes Tertulis | Uraian | Tuliskanlah beberapa sikap yang sesuai dengan kehendak Allah! | 3 jam | o Alkitab o Buku PAK kelas 6, Mitra Medan, 2006 o Buku PAK kelas 6, BMI Bandung, 2006 o Buku PAK kelas 6, BPK GM Jakarta, 2007 | |
Makna Ibadah Melalui Kegiatan Sehari-hari | · Menceritakan cara beribadah bangsa Israel dalam kehidupannya sehari-hari. · Menjelaskan cara memberikan persembahan yang baik. · Mengoreksi beberapa kegiatan sehari-hari yang bermakna sebagai ibadah kepada Allah. · Berakhlak mulia dalam kehidupan sehari-hari sebagai ibadah kepada Allah. · Membuat kegiatan sehari-hari sebagai ibadah kepada Allah. | Menjelaskan makna ibadah dari kegiatan sehari-hari | Tes Tertulis | Uraian | Tuliskanlah cara memberikan persembahan yang baik! | 6 jam | o Alkitab o Buku PAK kelas 6, Mitra Medan, 2006 o Buku PAK kelas 6, BMI Bandung, 2006 o Buku PAK kelas 6, BPK GM Jakarta, 2007 | |
Contoh-contoh Ibadah Melalui Kegiatan Sehari-hari | · Menyebutkan contoh-contoh ibadah melalui kegiatan sehari-hari. · Menjelaskan makna ibadah melalui contoh-contoh ibadah. · Menjelaskan makna Pelaku Firman. · Merancang cara-cara menjadi Pelaku Firman. · Memilih sikap-sikap yang baik sebagai Pelaku Firman. · Mendemonstrasikan sikap sebagai Pelaku Firman. | Menyebutkan contoh-contoh ibadah melalui kegiatan sehari-hari dengan cara menjadi Pelaku Firman | Tes Tertulis | Uraian | Sebutkanlah contoh-contoh ibadah melalui kegiatan sehari-hari! | 4 jam | o Alkitab o Buku PAK kelas 6, Mitra Medan, 2006 o Buku PAK kelas 6, BMI Bandung, 2006 o Buku PAK kelas 6, BPK GM Jakarta, 2007 | |
Siswa mampu memahami makna kegiatan sehari-hari sebagai ibadah pada Allah | Tugas dan Kegiatan Sehari-hari Sebagai Ibadah | · Mendaftarkan beberapa tugasnya di rumah. · Mendaftarkan kegiatan-kegiatan yang dilakukan di luar sekolah. · Menjelaskan tanggung jawabnya sebagai seorang anak di rumah. · Menjelaskan tanggung jawabnya sebagai seorang siswa di sekolah. · Membangun kegiatan sehari-hari sebagai cara beribadah kepada Allah. · Meyakini kegiatan sehari-hari sebagai cara beribadah kepada Allah. · Mendemonstrasikan kegiatan sehari-hari sebagai cara beribadah kepada Allah. | Menjalankan tugas dan kegiatan sehari-hari dengan bertanggung jawab sebagai ibadah | Tes Tertulis | Uraian | Ø Tuliskanlah beberapa tugasmu di rumah! Ø Tuliskanlah kegiatan-kegiatanmu sehari-hari yang dapat menjadi cara beribadah kepada Allah! | 10 jam | o Alkitab o Buku PAK kelas 6, Mitra Medan, 2006 o Buku PAK kelas 6, BMI Bandung, 2006 o Buku PAK kelas 6, BPK GM Jakarta, 2007 |
Format Word
Format Pdf