RPP PAK SD Kelas 3 Semester 1

Silahkan Download
Format Word
Format Pdf


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                     :    Sekolah Dasar
Mata Pelajaran          :    Pendidikan Agama Kristen.
Kelas / Semester       :    III (Tiga) / Ganjil

Standar Kompetensi  : Mendeskripsikan arti mensyukuri pemberian Allah dalam kehidupan komunitas keluarga dan menunjukkan syukur melalui tanggung jawab dalam keluarga.
Kompetensi Dasar    :    Siswa mampu mensyukuri pemeliharaan Allah pada setiap anggota keluarga dan sesama manusia.
Indikator                   : Menjelaskan peran masing-masing anggota keluarga Kristen dalam mensyukuri pemelihaaran-Nya.
Alokasi Waktu          :    12 jam

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN
  1. Siswa dapat menyebutkan arti keluarga.
  2. Siswa dapat menyetujui hal-hal yang harus dimiliki oleh setiap keluarga.
  3. Siswa dapat mendaftarkan tindakan-tindakan yang harus dilakukan dalam  mencapai tujuan keluarga
  4. Siswa dapat mendaftarkan tugas dan tanggung jawab seorang ayah dalam keluarga.
  5. Siswa dapat mendaftarkan tugas dan tanggung jawab seorang ibu dalam keluarga.
  6. Siswa dapat mendaftarkan tugas dan tanggung jawab seorang anak dalam keluarga.
  7. Siswa dapat menguraikan langkah-langkah yang harus dilakukan dalam melakukan tugas dan tanggung jawab dari setiap anggota keluarga.
  8. Siswa dapat menempatkan dirinya sebagai seorang anak dalam keluarga.
  9. Siswa dapat mendemonstrasikan tugas dan tanggung jawabnya sebagai seorang anak di dalam keluarga di kehidupannya sehari-hari.

B.     MATERI PEMBELAJARAN
Tugas dan tanggung jawab dari setiap anggota keluarga.

C.     METODE PEMBELAJARAN
Ceramah, Tanya-jawab.

D.     LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
  1. Pertemuan Pertama
a.       Pendahuluan
1)      Apersepsi: Menyegarkan ingatan tentrang seluruh materi di kelas I dan II.
2)      Motivasi: Siswa hidup dalam keluarga.
b.      Kegiatan Inti
1)      Guru menyuruh siswa untuk memberikan pendapatnya tentang pengertian keluarga.
2)      Guru menjelaskan arti keluarga.
3)      Guru menjelaskan hal-hal yang harus dimiliki dari setiap keluarga.
4)      Siswa menyebutkan tujuan keluarganya.
c.       Penutup
Guru merangkum materi pembelajaran.
  1. Pertemuan kedua
a.       Pendahuluan
1)      Apersepsi: Mengingat arti keluarga.
2)      Motivasi: Siswa termasuk anggota keluarga yang berkewajiban dalam mencapai tujuan keluarga.
b.      Kegiatan Inti
1)      Siswa mengemukakan tujuan dari keluarganya.
2)      Dengan bimbingan guru siswa mengemukakan tindakan-tindakan yang dilakukan dalam mencapai tujuan keluarga.
3)      Guru merangkum dan menjelaskan tindakan-tindakan yang harus dilakukan dalam mencapai tujuan keluarga.
c.       Penutup
Guru menyimpulkan materi pembelajaran.
  1. Pertemuan ketiga
a.       Pendahuluan
1)      Apersepsi: Mengingat arti keluarga.
2)      Motivasi: Peranan setiap anggota keluarga
b.      Kegiatan Inti
1)      Guru menyuruh siswa menuliskan kegiatan-kegiatan ayah di rumahnya.
2)      Guru menjelaskan tugas dan tanggung jawab ayah dalam keluarga.
3)      Siswa membedakan tanggung jawab ayah dengan tanggung jawab anak atau ibu.
4)      Guru menyuruh siswa memberikan pendapatnya tentang tugas dan tanggung jawab ibu dalam keluarga.
5)      Guru menyuruh siswa untuk menuliskan kegiatan-kegiatan ibu di dalam keluarganya
6)      Guru menjelaskan tugas dan tanggung jawab ibu dalam keluarga.
7)      Guru menyuruh siswa menuliskan tugas dan kewajibannya di dalam keluarganya masing-masing.
8)      Guru menyuruh siswa untuk mengemukakan alas an dia menghormati orang tuanya.
9)      Guru menjelaskan tugas dan tanggug jawab anak dalam keluarga.
c.       Penutup
Guru menyimpulkan materi pembelajaran.
  1. Pertemuan keempat
a.       Pendahuluan
1)      Apersepsi: Mengingat tugas dan tanggung jawab dari setiap anggota keluarga.
2)      Motivasi: Siswa hidip dalam keluarga.
b.      Kegiatan Inti
1)      Guru menyuruh siswa menyusun secara sistematis tugas dan tanggung jawab dari setiap anggota keluarga.
2)      Guru menyuruh siswa untuk memberikan pendapatnya tentang langkah-langkah yang harus dilakukan dalam melakukan tugas dan tanggung jawab dari setiap anggota keluarga.
3)      Guru menjelaskan langkah-langkah yang harus dilakukan dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab dari setiap anggota keluarga.
c.       Penutup
Guru menyimpulkan materi pembelajaran.

E.     ALAT DAN SUMBER BELAJAR
  1. Alkitab.
  2. Buku PAK kelas 3, Mitra, Medan, 2006.
  3. Buku PAK kelas 3, BMI, Bandung, 2006.
  4. Buku PAK kelas 3, BPK Gunung Mulia, Jakarta, 2007.

F.      PENILAIAN
  1. Teknik Instrumen: Tes Tertulis dan Tes Lisan
  2. Bentuk Instrumen: Uraian
  3. Contoh Instrumen:
a.       Tuliskan tugas dan tanggung jawab seorang ayah dalam keluargamu!
b.      Tuliskanlah tugas dan tanggung jawab ibu dalam keluargamu!
c.       Tuliskanlah tugas dan tanggung jawabmu salam keluargamu!
d.      Mengurutkan langkah-langkah yang harus dilakukan dalam melakukan tugas dan tanggung jawab dari setiap anggota keluarga.




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                     :    Sekolah Dasar
Mata Pelajaran          :    Pendidikan Agama Kristen.
Kelas / Semester       :    III (Tiga) / Ganjil

Standar Kompetensi  : Mendeskripsikan arti mensyukuri pemberian Allah dalam kehidupan komunitas keluarga dan menunjukkan syukur melalui tanggung jawab dalam keluarga.
Kompetensi Dasar    :    Siswa mampu mensyukuri pemeliharaan Allah pada setiap anggota keluarga dan sesama manusia.
Indikator                   :    Mempraktekkan saling mengasihi di dalam keluarga.
Alokasi Waktu          :    6 jam

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN
  1. Siswa dapat menjelaskan arti Firman Allah
  2. Siswa dapat menunjukkan apa itu Firman Allah yang tertulis.
  3. Siswa dapat merancang cara mengasihi di dalam keluarga.
  4. Siswa dapat menjelaskan pedoman untuk saling mengasihi di dalam keluarga.
  5. Siswa dapat mendemonstrasikan sikap saling mengasihi dalam kehidupan sehari-hari.

B.     MATERI PEMBELAJARAN
Merencanakan kegiatan untuk mennyatakan kasih kepada anggota keluarga.

C.     METODE PEMBELAJARAN
Ceramah, Tanya-jawab.

D.     LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
  1. Pertemuan kelima
a.       Pendahuluan
1)      Apersepsi: Mengingat tugas dan tanggug jawab dalam keluarga.
2)      Motivasi: Siswa hidup dalam keluarga.
b.      Kegiatan Inti
1)      Guru menyuruh siswa untuk memberikan pendapatnya tentang arti Firman Allah.
2)      Guru menjelaskan arti Firman Allah.
3)      Guru bertanya manakah yang dikatakan Firman Allah yang tertulis.
4)      Guru menunjukkan manakah yang dikatakan Firman Allah yang tertulis.
5)      Guru menjelaskan arti kasih.
6)      Dengan bimbingan guru, siswa mengemukakan pendapatnya tentang cara saling mengasihi dalam keluarga.
7)      Guru menjelaskan tentang cara-cara saling mengasihi di dalam keluarga.
c.       Penutup
Guru merangkum materi pembelajaran.
  1. Pertemuan keenam
a.       Pendahuluan
1)      Apersepsi: Mengingat arti keluarga.
2)      Motivasi: Siswa hidup dalam keluarga.
b.      Kegiatan Inti
1)      Guru menyuruh siswa untuk berdiskusi apa yang perlu dipedomani untuk saling mengasihi dalam keluarga,.
2)      Guru menjelaskan apa yang perlu dipedomani dalam saling mengasihi dalam keluarga.
c.       Penutup
Guru menyimpulkan materi pembelajaran.

E.     ALAT DAN SUMBER BELAJAR
  1. Alkitab.
  2. Buku PAK, kelas I, penerbit Mitra, Medan, 2006.
  3. Buku PAK, kelas I, penerbit BMI, Bandung, 2005.

F.      PENILAIAN
  1. Teknik Instrumen:  Tes Lisan
  2. Bentuk Instrumen: Jawaban Singkat dan Uraian
  3. Contoh Instrumen:
a.       Apakah artinya Firman Allah?
b.      Apakah yang dikatakan Firman Allah yang tertulis?
c.       Bagaimanakah caranya mengasihi saudara kita di dalam keluarga?





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                     :    Sekolah Dasar
Mata Pelajaran          :    Pendidikan Agama Kristen.
Kelas / Semester       :    III (Tiga) / Ganjil

Standar Kompetensi  : Mendeskripsikan arti mensyukuri pemberian Allah dalam kehidupan komunitas keluarga dan menunjukkan syukur melalui tanggung jawab dalam keluarga.
Kompetensi Dasar    :    Siswa mampu mensyukuri pemeliharaan Allah pada setiap anggota keluarga dan sesama manusia.
Indikator                   :    Menyebutkan beberapa contoh pemeliharaan Allah kepada manusia.
Alokasi Waktu          :    4 jam

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN
  1. Siswa dapat menyebutkan arti pemeliharaan.
  2. Siswa dapat menjelaskan apa itu yang dimaksudkan dengan jasmani manusia.
  3. Siswa dapat menjelaskan apa itu yang dimaksudkan dengan rohani manusia.
  4. Siswa dapat membuktikan pemeliharaan Allah kepada manusia.
  5. Siswa dapat mengidentifikasi usaha manusia untuk memenuhi kebutuhannya.
  6. Siswa dapat mengoreksi diri sendiri apakah kebutuhannya sudah terpenuhi.
  7. Siswa dapat menjelaskan pengertian kasih.

B.     MATERI PEMBELAJARAN
Contoh pemeliharaan Allah pada manusia.

C.     METODE PEMBELAJARAN
Ceramah, Tanya-jawab.

D.     LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
  1. Pertemuan ketujuh
a.       Pendahuluan
1)      Apersepsi: Mengingat penciptaan alam semesta oleh Allah.
2)      Motivasi: Segala kebutuhan manusia Allah yang menyediakan.
b.      Kegiatan Inti
1)      Dengan singkat guru mengurutkan hari-hari penciptaan.
2)      Guru menjelaskan arti jasmani.
3)      Dengan bimbingan guru, siswa menyebutkan segala kebutuhan badaniahnya.
4)      Guru menjelaskan cara Allah menyediakan kebutuhan jasmani manusia.
5)      Dengan bimbingan guru, siswa mengiudentifikasi perbedaan manusia dengan makhluk lain.
6)      Guru menjelaskan pengertian rohani manusia.
c.       Penutup
Guru merangkum materi pembelajaran.
  1. Pertemuan kedelapan
a.       Pendahuluan
1)      Apersepsi: Mengingat arti jasmani.
2)      Motivasi: Allah menyediakan segala kebutuhan manusia.
b.      Kegiatan Inti
1)      Guru menjelaskan apakah yang menjadi kebutuhan rohani bagi manusia.
2)      Guru menjelaskan kenapa manusia mebutuhkan kebutuhan rohani, sedangkan makhluk lain tidak.
3)      Guru menyuruh siswa untuk memberikan pendapatnya tentang pengertian kasih.
4)      Guru menjelaskan makna kasih.
5)      Guru menjelaskan tujuan keberadaan kasih.
c.       Penutup
Guru menyimpulkan materi pembelajaran.

E.     ALAT DAN SUMBER BELAJAR
  1. Alkitab.
  2. Buku PAK kelas 3, Mitra, Medan, 2006.
  3. Buku PAK kelas 3, BMI, Bandung, 2006.
  4. Buku PAK kelas 3 BPK Gunung Mulia, Jakarta, 2007.

F.      PENILAIAN
  1. Teknik Instrumen: Tes Lisan
  2. Bentuk Instrumen: Uraian
  3. Contoh Instrumen:
a.       Apakah yang dimaksud dengan jasmani manusia?
b.      Apakah yang dimaksud dengan rohani manusia?
c.       Bagaimanakah cara Allah memenuhi kebutuhan jasmani manusia?
d.      Untuk apaah Tuhan Yesus lahir ke dunia ini?



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                     :    Sekolah Dasar
Mata Pelajaran          :    Pendidikan Agama Kristen.
Kelas / Semester       :    III (Tiga) / Ganjil

Standar Kompetensi  : Mendeskripsikan arti mensyukuri pemberian Allah dalam kehidupan komunitas keluarga dan menunjukkan syukur melalui tanggung jawab dalam keluarga.
Kompetensi Dasar    :    Siswa mampu mensyukuri pemeliharaan Allah pada setiap anggota keluarga dan sesama manusia.
Indikator                   :    Menanggapi kasih Allah kepada manusia dalam segi memenuhi kebutuhan rohani manusia.
Alokasi Waktu          :    6 jam

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN
  1. Siswa dapat mengklasifikasikan bentuk-bentuk kasih yang ada dalam hidup manusia.
  2. Siswa dapat melaporkan contoh-contoh tindakan kasih yang terjadi dalam keluarganya.
  3. Siswa dapat mendemonstrasikan tindakan kasih dalam kehidupan keluarganya.

B.     MATERI PEMBELAJARAN
Menceritakan contoh tindakan kasih yang sudah dilakukan dalam keluarga.

C.     METODE PEMBELAJARAN
Ceramah, Tanya-jawab.

D.     LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
  1. Pertemuan kesembilan
a.       Pendahuluan
1)      Apersepsi: Mengingat pengertian kasih.
2)      Motivasi: Hidup manusia harus saling mengasihi.
b.      Kegiatan Inti
1)      Siswa mengemukakan perbedaan bentuk kasih Allah kepada manusia dengan bentuk kasih manusia terhadap sesama.
2)      Guru menjelaskan bentuk kasih Allah kepada manusia.
3)      Guru menjelaskan bentuk kasih manusia terhadap sesama, seperti:
a)      kasih terhadap orang tua.
b)      kasih terhadap saudara.
c)      kasih terhadap lawan jenis.
d)      kasih manusia terhadap Allah.
c.       Penutup
Guru menyimpulkan materi pembelajaran.
  1. Pertemuan kesepuluh
a.       Pendahuluan
1)      Apersepsi: Mengingat bentuk-bentuk kasih.
2)      Motivasi: Manusia harus saling mengasihi.
b.      Kegiatan Inti
1)      Dengan bimbingan guru, siswa menggolongkan bentuk-bentuk kasih yang terjadi dalam keluarganya.
2)      Guru merangkum dan menjelaskan kembali hasil pekerjaan siswa.
3)      Guru mengajak siswa untuk membayangkan bagaimana seandainya dunia ini tidak ada kasih.
c.       Penutup
Guru menyimpulkan materi pembelajaran.

E.     ALAT DAN SUMBER BELAJAR
  1. Alkitab.
  2. Buku PAK kelas 3, Mitra, Medan, 2006.
  3. Buku PAK kelas 3, BMI, Bandung, 2006.
  4. Buku PAK kelas 3, BPK Gunung Mulia, Jakarta, 2007
  5. Kehidupan di dalam keluarga siswa.

F.      PENILAIAN
  1. Teknik Instrumen: Tes Lisan
  2. Bentuk Instrumen: uraian
  3. Contoh Instrumen:
a.       Bagaimana pendapatmu tentang pengertian kasih?
b.      Bagaimanakah kamu mengasihi adikmu dirumah?





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                     :    Sekolah Dasar
Mata Pelajaran          :    Pendidikan Agama Kristen.
Kelas / Semester       :    III (Tiga) / Ganjil

Standar Kompetensi  : Mendeskripsikan arti mensyukuri pemberian Allah dalam kehidupan komunitas keluarga dan menunjukkan syukur melalui tanggung jawab dalam keluarga.
Kompetensi Dasar    :    Siswa mampu memberikan yang terbaik bagi keluarga.
Indikator                   :    Menghormati orang tua dengan sungguh-sungguh.
Alokasi Waktu          :    10 jam

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN
  1. Siswa dapat menunjukkan bukti perintah Allah untuk menghormati orang tua.
  2. Siswa dapat menyebutkan bunyi hokum Taurat Titah V dengan baik.
  3. Siswa dapat menjelaskan makna bunyi hokum Taurat Titah V
  4. Siswa dapat merancang cara menghormati ornag tua.
  5. Siswa dapat mendemonstrasikan sikap menghormati orang tua dalam kehidupan sehari-hari.
  6. Siswa dapat menyebutkan sifat-sifat teratur.

B.     MATERI PEMBELAJARAN
Hormat pada orang tua dan yang dituakan.

C.     METODE PEMBELAJARAN
Ceramah, Tanya-jawab.

D.     LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
  1. Pertemuan kesebelas
a.       Pendahuluan
1)      Apersepsi: Mengingat makna kasih dalam keluarga.
2)      Motivasi: Orang tua adalah Allah yang nampak.
b.      Kegiatan Inti
1)      Guru menyuruh siswa untuk menghafal hukum Taurat Titah ke-5.
2)      Satu persatu siswa maju ke depan kelas untuik menyebutkan Titah ke-5.
c.       Penutup
Guru merangkum materi pembelajaran.
  1. Pertemuan keduabelas
a.       Pendahuluan
1)      Apersepsi: Mengingat bunyi hukum Taurat Titah ke-5.
2)      Motivasi: Orang tua adalah Allah yang nampak.
b.      Kegiatan Inti
1)      Siswa mengemukakan pendapatnya tentang sipakah orang tua itu.
2)      Guru menjelaskan siapakah orang tua itu.
3)      Siswa mencari contoh-contoh yang dikatakan sebagai orang tua.
c.       Penutup
Guru menyimpulkan materi pembelajaran.
  1. Pertemuan ketigabelas
a.       Pendahuluan
1)      Apersepsi: Mengingat bunyi hukum Taurat Titah ke-5.
2)      Motivasi: Orang tua adalah wakil Allah untuik anak.
b.      Kegiatan Inti
1)      Guru menyuruh siswa untuk berdiskusi sesama satu bangku untuk mencari makna hukum Taurat titah ke-5.
2)      Guru merangkum pendapat siswa.
3)      Guru menjelaskan makna hukum Taurat TItah ke-5.
c.       Penutup
Guru menyimpulkan materi pembelajaran.
  1. Pertemuan keempat belas
a.       Pendahuluan
1)      Apersepsi: Mengingat bunyi hukum Taurat Titah ke-5
2)      Motivasi: Orang tua adalah wakil Allah untuk anak.
b.      Kegiatan Inti
1)      Guru menyuruh siswa memberikan pendapatnya bagaimana dia menghormati orang tuanya dalam kehidupannya sehari-hari.
2)      Guru menjelaskan cara menghormati orang tua.
3)      Guru menyuruh siswa untuk memberikan pendapatnya tentang pengertian kasih.
4)      Guru merangkum pendapat siswa.
c.       Penutup
Guru menyimpulkan materi pembelajaran.

E.     ALAT DAN SUMBER BELAJAR
  1. Alkitab.
  2. Buku PAK kelas 3, Mitra, Medan, 2006.
  3. Buku PAK kelas 3, BMI, Bandung, 2006
  4. Buku PAK kelas 3, BPK Gunung Mulia, Jakarta, 2007.
  5. Pengalamannya dengan orang tuanya.

F.      PENILAIAN
  1. Teknik Instrumen: Tes Lisan
  2. Bentuk Instrumen: Pemaparan
  3. Contoh Instrumen:
Sebutkan hukum Taurat Titah ke-5 dengan hafalan!



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                     :    Sekolah Dasar
Mata Pelajaran          :    Pendidikan Agama Kristen.
Kelas / Semester       :    III (Tiga) / Ganjil

Standar Kompetensi  : Mendeskripsikan arti mensyukuri pemberian Allah dalam kehidupan komunitas keluarga dan menunjukkan syukur melalui tanggung jawab dalam keluarga.
Kompetensi Dasar    :    Siswa mampu memberikan yang terbaik bagi keluarga.
Indikator                   :    Mennjalani kehidupan sehari-hari dengan teratur.
Alokasi Waktu          :    6 jam

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN
  1. Siswa dapat menjelaskan makna keteraturan dalam hidup.
  2. Siswa dapat mendaftarkan hal-hal yang perlu dimiliki untuk membentuk keluarga yang teratur.
  3. Siswa dapat menyenangi kehidupan keluarga yang teratur dalam kehidupan sehari-hari.
  4. Siswa dapat merancang cara sebagai seorang anak ikut serta menciptakan keluarga yang teratur.
  5. Siswa dapat mendemonstrasikan kehidupan teratur dalam keluarga.
  6. Siswa dapat enjelaskan makna keberadaan kasih dalam keluarga.

B.     MATERI PEMBELAJARAN
Kehidupan keluarga yang teratur.

C.     METODE PEMBELAJARAN
Ceramah, Tanya-jawab.

D.     LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
  1. Pertemuan kelimabelas
a.       Pendahuluan
1)      Apersepsi: Mengingat arti keluarga.
2)      Motivasi: Siswa termasuk anggota keluarga.
b.      Kegiatan Inti
1)      Siswa mengemukakan pendapatnya tentang hal-hal yang perlu dilakukan dalam membentuk keluarga yang teratur.
2)      Guru menjelaskan hal-hal yang perlu dilakukan dalam membentuk keluarga yang teratur.
3)      Guru menjelaskan arti teratur dan makna hidup teratur dalam hidup berkeluarga.
4)      Guru menjelaskan sifat-sifat teratur.
5)      Guru menyuruh siswa menuliskan hal-hal yang perlu dilakukannya dalam membentuk keluarga yang teratur.
c.       Penutup
1)      Guru menyimpulkan materi pembelajaran.
2)      Guru memberikan tugas (PR).
  1. Pertemuan keenam belas
a.       Pendahuluan
1)      Apersepsi: Mengingat arti keluarga.
2)      Motivasi: Keteraturan dalam keluarga merupakan makna hidup yang tertib.
b.      Kegiatan Inti
1)      Guru memeriksa hasil kerja siswa.
2)      Guru menjelaskan hal;-hal yang perlu dilakukan seorang anak dalam membentuk keluarga yang teratur.
3)      Siswa menyebutkan arti kasih.
4)      Guru menjelaskan makna keberadaan kasih dalam keluarga.
5)      Dengan bimbingan guru, siswa menunjukkan keluarga yang saling mengasihi.
c.       Penutup
Guru menyimpulkan materi pembelajaran.

E.     ALAT DAN SUMBER BELAJAR
  1. Alkitab.
  2. Buku PAK kelas 3, Mitra, Medan, 2006.
  3. Buku PAK kelas 3, BMI, Bandung, 2006.
  4. Buku PAK kelas 3, BPK Gunung Mulia, Jakarta, 2007

F.      PENILAIAN
  1. Teknik Instrumen: Tes Tertulis.
  2. Bentuk Instrumen: Uraian
  3. Contoh Instrumen:
Apakah yang kamu lakukan agar keluargamu termasuk dalam keluarga yang teratur?



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                     :    Sekolah Dasar
Mata Pelajaran          :    Pendidikan Agama Kristen.
Kelas / Semester       :    III (Tiga) / Ganjil

Standar Kompetensi  : Mendeskripsikan arti mensyukuri pemberian Allah dalam kehidupan komunitas keluarga dan menunjukkan syukur melalui tanggung jawab dalam keluarga.
Kompetensi Dasar    :    Siswa mampu memberikan yang terbaik bagi keluarga.
Indikator                   :    Berperilaku penuh kasih yang menyukakan seluruh anggota keluarganya.
Alokasi Waktu          :    4 jam

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN
  1. Siswa dapat menyebutkan contoh-contoh perilaku yang penuh kasih dalam keluarga.
  2. Siswa dapat memilih tokoh teladan yang penuh kasih dalam hidupnya.
  3. Siswa dapat mendemonstrasikan cara-cara mengasihi di dalam kehidupan keluarganya sehari-hari.

B.     MATERI PEMBELAJARAN
Tindakan kasih dalam keluarga.

C.     METODE PEMBELAJARAN
Ceramah, Tanya-jawab.

D.     LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
  1. Pertemuan ketujuhbelas
a.       Pendahuluan
1)      Apersepsi: Mengingat makna / arti kasih.
2)      Motivasi: Saling mengasihi merupakan hal terbaik yang bisa dilakukan.
b.      Kegiatan Inti
1)      Guru menyebutkan cirri-ciri keluarga yang saling mengasihi.
2)      Siswa mengemukakan pendapatnya tentang contoh-contoh perilaku yang penuh kasih dalam keluarga.
3)      Guru menjelaskan contoh-contoh yang penuh kasih dalam keluarga.
4)      Dengan bimbingan guru, siswa menyebutkan tokoh yang patut diteladani dalam mengasihi di dalam keluarga.
5)      Siswa mengemukakan cara dia mengasihi di dalam keluarganya dalam kehidupannya sehari-hari.
c.       Penutup
1)      Guru merangkum materi pembelajaran.
2)      Guru memberikan tugas (PR).
  1. Pertemuan kedelapanbelas
a.       Pendahuluan
1)      Apersepsi: Mengingat makna keberadaan kasih dalam keluarga.
2)      Motivasi: Kasih adalah alat mendamaikan keluarga.
b.      Kegiatan Inti
Guru menjelaskan cara-cara mengasihi di dalam keluarga.
c.       Penutup
Guru menyimpulkan materi pembelajaran.

E.     ALAT DAN SUMBER BELAJAR
  1. Alkitab.
  2. Buku PAK kelas 3, Mitra, Medan, 2006.
  3. Buku PAK kelas 3, BMI, Bandung, 2006.
  4. Buku PAK kelas 3, BPK Gunung Mulia, Jakarta, 2007

F.      PENILAIAN
  1. Teknik Instrumen: Tes Tertulis
  2. Bentuk Instrumen: Uraian
  3. Contoh Instrumen:
Tuliskanlah contoh-contoh sikap saling mengasihi dalam keluarga!




Silahkan Download
Format Word
Format Pdf