RPP PAK SD Kelas 3 Semester 2

Silahkan Download:
Format Word
Format Pdf


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                     :    Sekolah Dasar
Mata Pelajaran          :    Pendidikan Agama Kristen.
Kelas / Semester       :    III (Tiga) / Genap

Standar Kompetensi  :    Mendeskripsikan arti mensyukuri pemberian Allah dalam kehidupan komunitas keluarga dan menunjukkan syukur melalui tanggung jawab dalam keluarga.
Kompetensi Dasar    :    Siswa mampu ikut serta menciptakan hidup rukun dalam keluarga.
Indikator                   :    Menciptakan kerukunan dalam kehidupan keluarga.
Alokasi Waktu          :    6 jam

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN
  1. Siswa dapat menjelaskan pengertian kerukunan menurut pengertian umum.
  2. Siswa dapat menjelaskan pengertian kerukunan menurut pengertian perspektif kristiani.
  3. Siswa dapat mengoreksi peranannya sebagai seorang anak untuk menciptakan hidup rukun.
  4. Siswa dapat mendiskusikan manfaat keberadaan kerukunan dalam hidup keluarga.
  5. Siswa dapat membedakan keluarga yang rukun dan keluarga yang tidak rukun.
  6. Siswa dapat membuktikan manfaat keberadaan kerukunan dalam hidup keluarga.
  7. Siswa dapat mengemukakan pendapatnya tentang keadaan keluarga yang rukun.
  8. Siswa dapat mengemukakan pendapatnya tentang keadaan keluarga yang cekcok.

B.     MATERI PEMBELAJARAN
Makna kerukunan dalam hidup keluarga.

C.     METODE PEMBELAJARAN
Ceramah, Tanya-jawab, Diskusi.

D.     LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
  1. Pertemuan Pertama
a.       Pendahuluan
1)      Apersepsi: Mengingat makna hidup teratur dalam keluarga.
2)      Motivasi: Kerukunan merupakan salah satu cara membentuk keluarga yang teratur.
b.      Kegiatan Inti
1)      Dengan bimbingan guru, siswa menjelaskan pengertian kerukunan menurut pendapatnya senidiri.
2)      Guru menjelaskan pengertian kerukunan menurut pengertian umum dan menurut perspektif kristiani.
3)      Dengan bimbingan guru, siswa menyebutkan perananya dalam menciptakan kerukunan dalam hidup keluarga.
4)      Guru merangkum pendapat siswa dan menjelaskannya.
5)      Guru menjelaskan makna keberadaan kerukunan dalam keluarga.
c.       Penutup
1)      Guru merangkum materi pembelajaran.
2)      Guru memberikan tugas (PR).
  1. Pertemuan kedua
a.       Pendahuluan
1)      Apersepsi: Mengingat pengertian kerukunan.
2)      Motivasi: Siswa termasuk anggota keluarga yang berkewajiban dalam menciptakan kerukunan.
b.      Kegiatan Inti
1)      Dengan bimbingan guru, siswa membedakan keluarga yang rukun dan keluarga yang tidak rukun.
2)      Guru merangkum dan menjelaskan kembali.
3)      Guru menyuruh siswa untuk memberikan pendapatnya tentang keadaan keluarga yang rukun dan keluarga yang tidak rukun.
4)      Guru menjelaskan keadaan keluarga yang rukun dan yang tidak rukun.
5)      Dengan bimbingan guru, siswa mengklasifisikan perbedaan kedua ciri keluarga tersebut.
c.       Penutup
Guru menyimpulkan materi pembelajaran.

E.     ALAT DAN SUMBER BELAJAR
  1. Alkitab.
  2. Buku PAK kelas 3, Mitra, Medan, 2006.
  3. Buku PAK kelas 3, BMI, Bandung, 2006.
  4. Buku PAK kelas 3, BPK Gunung Mulia, Jakarta, 2007.

F.      PENILAIAN
  1. Teknik Instrumen: Tes Tertulis
  2. Bentuk Instrumen: Uraian
  3. Contoh Instrumen:
a.       Apakah perananmu sebagai seorang anak untuk terlibat dalam menciptakan kerukunan?
b.      Tuliskanlah perbedaan keluarga yang rukun dengan keluarga yang tidak rukun!




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                     :    Sekolah Dasar
Mata Pelajaran          :    Pendidikan Agama Kristen.
Kelas / Semester       :    III (Tiga) / Genap

Standar Kompetensi  : Mendeskripsikan arti mensyukuri pemberian Allah dalam kehidupan komunitas keluarga dan menunjukkan syukur melalui tanggung jawab dalam keluarga.
Kompetensi Dasar    :    Siswa mampu ikut serta menciptakan hidup rukun dalam keluarga.
Indikator                   :    Menghindari percekcokan dalam keluarga.
Alokasi Waktu          :    3 jam

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN
  1. Siswa dapat mendaftarkan masalah-masalah yang sering terjadi dalam keluarganya.
  2. Siswa dapat merancang cara-cara sederhana untuk mengatasi masalah-masalah yang terjadi sesuai dengan kemampuannya.
  3. Siswa dapat mengkompromikan cara-cara sederhana untuk mengatasi masalah-masalah yang terjadi di delam keluarganya.
  4. Siswa dapat mendemonstrasikan cara-cara sederhana untuk mengatasi masalah dalam keluarga sebagai usaha untuk menghindari percekcokan.
  5. Siswa dapat melaporkan pengalaman-pengalaman dalam keluarganya sebagai contoh percekcokan dalam keluarga.

B.     MATERI PEMBELAJARAN
Menghindari percekcokan dalam keluarga.

C.     METODE PEMBELAJARAN
Ceramah, Tanya-jawab, Bercerita.

D.     LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
  1. Pertemuan ketiga
a.       Pendahuluan
1)      Apersepsi: Mengingat makna kerukunan dalam keluarga.
2)      Motivasi: Siswa harus hidup dalam keluarga yang rukun.
b.      Kegiatan Inti
1)      Dengan bimbingan guru, siswa mendata masalah-masalah yang sering terjadi dalam keluarga.
2)      Guru merangkum hasil pekerjaan siswa dan menjelaskannya.
3)      Guru menjelaskan usaha-usaha praktis dalam mengatasi masalah-masalah dalam keluarga.
4)      Guru menceritakan satu contoh keluarga yang cekcok dari Alkitab.
5)      Dengan bimbingan guru, siswa mencari makna cerita.
6)      Siswa memberikan contoh yang lain.
c.       Penutup
Guru menyimpulkan materi pembelajaran.

E.     ALAT DAN SUMBER BELAJAR
  1. Alkitab.
  2. Buku PAK kelas 3, Mitra, Medan, 2006.
  3. Buku PAK kelas 3, BMI, Bandung, 2005.
  4. Buku PAK kelas 3, BPK Gunung Mulia, Jakarta, 2007.

F.      PENILAIAN
  1. Teknik Instrumen: Tes Tertulis
  2. Bentuk Instrumen: Uraian
  3. Contoh Instrumen:
a.       Tuliskanlah masalah-masalah yang sering terjadi dalam keluargamu!
b.      Tuliskanlah usaha-usaha untuk mengatasi masalah-masalah dalam keluargamu!




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                     :    Sekolah Dasar
Mata Pelajaran          :    Pendidikan Agama Kristen.
Kelas / Semester       :    III (Tiga) / Genap

Standar Kompetensi  : Mendeskripsikan arti mensyukuri pemberian Allah dalam kehidupan komunitas keluarga dan menunjukkan syukur melalui tanggung jawab dalam keluarga.
Kompetensi Dasar    :    Siswa mampu ikut serta menciptakan hidup rukun dalam keluarga.
Indikator                   :    Menjelaskan kerugian akibat percekcokan dalam keluarga.
Alokasi Waktu          :    3 jam

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN
  1. Siswa dapat menjelaskan akibat percekcokan yang terjadi di dalam keluarganya.
  2. Siswa dapat menyimpulkan kerugian-kerugian yang terjadi akibat percekcokan dalam keluarganya.
  3. Siswa dapat melatih diri untuk menghadapi percekcokan yang terjadi di dalam keluarganya.

B.     MATERI PEMBELAJARAN
Kerugian percekcokan dalam keluarga.

C.     METODE PEMBELAJARAN
Ceramah, Tanya-jawab.

D.     LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
  1. Pertemuan keempat
a.       Pendahuluan
1)      Apersepsi: Mengingat contoh cerita keluarga yang cekcok.
2)      Motivasi: Menghindari percekcokan dalam keluarga.
b.      Kegiatan Inti
1)      Siswa mengemukakan pendapatnya akibat percekcokan dalam keluarga.
2)      Guru menjelaskan akibat percekcokan dalam keluarga.
3)      Guru menyuruh siswa untuk menyimpulkan kerugian-kerugian yang terjadi akibat percekcokan dalam keluarga.
c.       Penutup
Guru menyimpulkan materi pembelajaran.

E.     ALAT DAN SUMBER BELAJAR
  1. Alkitab.
  2. Buku PAK kelas 3, Mitra, Medan, 2006.
  3. Buku PAK kelas 3, BMI, Bandung, 2005.
  4. Buku PAK kelas 3, BPK Gunung Mulia, Jakarta, 2007

F.      PENILAIAN
  1. Teknik Instrumen: Penugasan
  2. Bentuk Instrumen: Laporan
  3. Contoh Instrumen:
Daftarkanlah pengalaman-pengalamanmu dalam keluarga akibat percekcokan yang terjadi dalam keluargamu!




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                     :    Sekolah Dasar
Mata Pelajaran          :    Pendidikan Agama Kristen.
Kelas / Semester       :    III (Tiga) / Genap

Standar Kompetensi  : Mendeskripsikan arti mensyukuri pemberian Allah dalam kehidupan komunitas keluarga dan menunjukkan syukur melalui tanggung jawab dalam keluarga.
Kompetensi Dasar    :    Siswa mampu ikut serta menciptakan hidup rukun dalam keluarga.
Indikator                   :    Ikut berperan serta dalam menciptakan kerukunan dalam keluarga.
Alokasi Waktu          :    6 jam

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN
  1. Siswa dapat menyebutkan tugas dan tanggung jawabnya sebagai seorang anak dalam keluarga.
  2. Siswa dapat mengasumsikan pendapatnya bagaimana seharusnya peranan menciptakan kerukunan dalam keluarga.
  3. Siswa dapat merancang caranya untuk ikut serta menciptakan kerukunan dalam keluarganya.

B.     MATERI PEMBELAJARAN
Usaha untuk menjaga kerukunan dalam keluarga.

C.     METODE PEMBELAJARAN
Ceramah, Tanya-jawab, Diskusi.

D.     LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
  1. Pertemuan kelima
a.       Pendahuluan
1)      Apersepsi: Mengingat makna kerukunan.
2)      Motivasi: Ikut serta dalam menciptakan kerukunan dalam keluarga.
b.      Kegiatan Inti
1)      Dengan bimbingan guru, siswa untuk menyebutkan tugas dan tanggung jawabnya sebagai seorang anak di dalam keluarga.
2)      Dengan bimbingan guru, siswa menjelaskan peranannya sebagai seorang anak dalam menciptakan kerukunan.
3)      Guru merangkum dan memperjelas pendapat anak.
c.       Penutup
Guru merangkum materi pembelajaran.
  1. Pertemuan keenam
a.       Pendahuluan
1)      Apersepsi: Mengingat makna kerukunan.
2)      Motivasi: Siswa termasuk anggota keluarga yang berkewajiban dalam menciptakan kerukunan.
b.      Kegiatan Inti
1)      Guru membentuk kelompok yang terdiri dari 3 orang satu kelompok.
2)      Guru memberikan tugas.
3)      Guru membimbing siswa melakukan diskusinya.
4)      Siswa membacakan hasil diskusinya.
5)      Guru menjelaskan bagaimana seorang anak berperan dalam menciptakan kerukunan.

c.       Penutup
Guru menyimpulkan materi pembelajaran.

E.     ALAT DAN SUMBER BELAJAR
  1. Alkitab.
  2. Buku PAK kelas 3, Mitra, Medan, 2006.
  3. Buku PAK kelas 3, BMI, Bandung, 2006.
  4. Buku PAK kelas 3, BPK Gunung Mulia, Jakarta, 2007.

F.      PENILAIAN
  1. Teknik Instrumen: Penugasan
  2. Bentuk Instrumen: Diskusi Kelompok
  3. Contoh Instrumen:
Diskusikanlah caramu sebagai seorang anak untuk menghindari percekcokan dalam keluarga!



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                     :    Sekolah Dasar
Mata Pelajaran          :    Pendidikan Agama Kristen.
Kelas / Semester       :    III (Tiga) / Genap

Standar Kompetensi  : Mendeskripsikan arti mensyukuri pemberian Allah dalam kehidupan komunitas keluarga dan menunjukkan syukur melalui tanggung jawab dalam keluarga.
Kompetensi Dasar    :    Siswa mampu ikut serta menciptakan hidup rukun dalam keluarga.
Indikator                   :    Berusaha untuk saling menolong dan memperhatikan.
Alokasi Waktu          :    4 jam

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN
  1. Siswa dapat mendaftarkan contoh saling memperhatikan dalam keluarganya.
  2. Siswa dapat mendaftarkan contoh-contoh saling menolong dalam keluarganya.
  3. Siswa dapat menjelaskan tujuan saling menolong dalam keluarga.
  4. Siswa dapat menjelaskan tujuan saling memperhatikan dalam keluarga.
  5. Siswa dapat meminati sikap saling menolong dalam keluarga.
  6. Siswa dapat meminati sikap saling memperhatikan dalam keluarga.
  7. Siswa dapat mendemonstrasikan sikap saling menolong dalam keluarga.
  8. Siswa dapat mendemonstrasikan sikap saling memperhatikan dalam keluarga.

B.     MATERI PEMBELAJARAN
Usaha konkrit dalam menolong dan memperhatikan dalam keluarga.

C.     METODE PEMBELAJARAN
Ceramah, Tanya-jawab.

D.     LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
  1. Pertemuan ketujuh
a.       Pendahuluan
1)      Apersepsi: Mengingat materi usaha untuk menjaga kerukunan dalam keluarga.
2)      Motivasi: Hidup saling memperhatikan dan saling menolong.
b.      Kegiatan Inti
1)      Guru menyuruh siswa dari pengalamannya sehari-hari di dalam keluarganya untuk menyebutkan contoh-contoh saling memperhatikan dalam keluarga.
2)      Guru menjelaskan contoh-contoh saling memperhatikan dalam keluarga.
3)      Guru menyuruh siswa dari pengalamannya sehari-hari di dalam keluarganya untuk menyebutkan contoh-contoh saling menolong dalam keluarga.
4)      Guru menjelaskan bagaimanakah saling menolong dalam keluarga.
c.       Penutup
1)      Guru merangkum materi pembelajaran.
2)      Guru memberikan tugas (PR).
  1. Pertemuan kedelapan
a.       Pendahuluan
1)      Apersepsi: Mengingat contoh-contoh saling memperhatikan dan menolong dalam keluarga.
2)      Motivasi: Saling menolong dan memperhatikan merupakan pencipta kerukunan dalam keluarga.
b.      Kegiatan Inti
1)      Siswa mengemukakan pendapatnya tentang tujuan saling menolong di dalam keluarga.
2)      Guru menjelaskan tujuan saling menolong di dalam keluarga.
3)      Siswa mengemukakan pendapatnya tentang tujuan saling memperhatikan di dalam keluarga.
4)      Guru menjelaskan tujuan saling memperhatikan di dalam keluarga.
c.       Penutup
Guru menyimpulkan materi pembelajaran.

E.     ALAT DAN SUMBER BELAJAR
  1. Alkitab.
  2. Buku PAK kelas 3, Mitra, Medan, 2006.
  3. Buku PAK kelas 3, BMI, Bandung, 2006.
  4. Buku PAK kelas 3, BPK Gunung Mulia, Jakarta, 2007.

F.      PENILAIAN
  1. Teknik Instrumen: Tes Tertulis
  2. Bentuk Instrumen: Uraian
  3. Contoh Instrumen:
a.       Menuliskan contoh saling memperhatikan di dalam keluargamnya!
b.      Menuliskan contoh saling menolong di dalam keluarganya!



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                     :    Sekolah Dasar
Mata Pelajaran          :    Pendidikan Agama Kristen.
Kelas / Semester       :    III (Tiga) / Genap

Standar Kompetensi  : Mendeskripsikan arti mensyukuri pemberian Allah dalam kehidupan komunitas keluarga dan menunjukkan syukur melalui tanggung jawab dalam keluarga.
Kompetensi Dasar    :    Siswa mampu memelihara alam ciptaan Allah.
Indikator                   :    Menjelaskan bahwa Allah adalah Maha Kuasa dalam mencipta.
Alokasi Waktu          :    6 jam

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN
  1. Siswa dapat menyebutkan hari-hari penciptaan.
  2. Siswa dapat mempertanyakan cara Allah menciptakan alam.
  3. Siswa dapat menjelaskan tujuan Allah menciptakan alam semesta.
  4. Siswa dapat mengimani Allah sebagai Allah maha pencipta.
  5. Siswa dapat menempatkan Allah dalam hatinya sebagai sumber segala sesuatu.
  6. Siswa dapat mendiskusikan manfaat ciptaan Allah kepada manusia.
  7. Siswa dapat menyimpulkan manfaat ciptaan Allah kepada Allah.

B.     MATERI PEMBELAJARAN
Allah Maha Pencipta.

C.     METODE PEMBELAJARAN
Ceramah, Tanya-jawab.

D.     LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
  1. Pertemuan kesembilan
a.       Pendahuluan
1)      Apersepsi: Mengulang sekilas tentang materi selama di kelas III.
2)      Motivasi: Allah menyediakan kebutuhan manusia.
b.      Kegiatan Inti
1)      Guru menceritakan penciptaan alam semesta.
2)      Dengan bimbingan guru, siswa merangkumkan hari-hari penciptaan.
3)      Guru menyuruh siswa untuk menyebutkan hari-hari penciptaan di depan kelas dengan hafalan.
4)      Dengan bimbingan guru, siswa menemukan cara Allah menciptakan manusia.
5)      Guru menjelaskan cara Allah menciptakan alam semesta dan manusia.
c.       Penutup
Guru merangkum materi pembelajaran.
  1. Pertemuan kesepuluh
a.       Pendahuluan
1)      Apersepsi: Mengingat hari-hari pernciptaan.
2)      Motivasi: Allah menyediakan kebutuhan manusia.
b.      Kegiatan Inti
1)      Guru menjelaskan tujuan Allah menciptakan alam semesta buat manusia.
2)      Guru menyuruh siswa untuk menuliskan benda-benda yang ada di sekitarnya dan manfaatnya bagi dirinya.
3)      Guru mendengar hasil kerja siswa dan memperbaiki kalau ada yang kurang benar.
4)      Guru menjelaskan bahwa siswa tidak terlepas dari peranan benda-benda sekitarnya.
c.       Penutup
Guru menyimpulkan materi pembelajaran.

E.     ALAT DAN SUMBER BELAJAR
  1. Alkitab.
  2. Buku PAK kelas 3, Mitra, Medan, 2006.
  3. Buku PAK kelas 3, BMI, Bandung, 2006.
  4. Buku PAK kelas 3, BPK Gunung Mulia, Jakarta, 2007.

F.      PENILAIAN
  1. Teknik Instrumen: Tes Tertulis
  2. Bentuk Instrumen: Jawaban Singkat
  3. Contoh Instrumen:
a.       Pada hari keberapakah Allah menciptakan bumi ini?
b.      Berapa harikah Allah menciptakan segalanya?
c.       Mengapa manusia diciptakan pada hari keenam, kenapa tidak pada hari pertama atau kedua?
d.      Untuk apakah alam ciptaan ini diciptakan Allah?




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                     :    Sekolah Dasar
Mata Pelajaran          :    Pendidikan Agama Kristen.
Kelas / Semester       :    III (Tiga) / Genap

Standar Kompetensi  : Mendeskripsikan arti mensyukuri pemberian Allah dalam kehidupan komunitas keluarga dan menunjukkan syukur melalui tanggung jawab dalam keluarga.
Kompetensi Dasar    :    Siswa mampu memelihara alam ciptaan Allah.
Indikator                   :    Menjelaskan manfaat ciptaan Allah kepada manusia.
Alokasi Waktu          :    3 jam

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN
  1. Siswa dapat menyebutkan tugas manusia terhadap alam semesta.
  2. Siswa dapat menunjukkan benda-benda yang bermanfaat bagi dirinya
  3. Siswa dapat mendemonstrasikan tugasnya sebagai seorang anak terhadap alam semesta.
  4. Siswa dapat menjelaskan tugas manusia terhadap alam yang diberikan Allah.
  5. Siswa dapa\t menemukan pemanggilan Nuh dari cerita guru.

B.     MATERI PEMBELAJARAN
Manfaat ciptaan Allah kepada manusia.

C.     METODE PEMBELAJARAN
Ceramah, Tanya-jawab, Diskusi, Bercerita.

D.     LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
  1. Pertemuan kesebelas
a.       Pendahuluan
1)      Apersepsi: Mengingat manfaat benda-benda sekitarnya kepada dirinya.
2)      Motivasi: Allah menyediakan segala kebutuhan manusia.
b.      Kegiatan Inti
1)      Guru membagi siswa dalam kelompok dengan 4 orang satu kelompok.
2)      Guru memberikan tugas untuk didiskusikan siswa.
3)      Dengan bimbingan guru, siswa mendiskusikannya.
4)      Guru menjelaskan tugas manusia terhadap alam ciptaan Allah.
5)      Guru bercerita tentang Air Bah.
6)      Dengan bimbingan guru, siswa mengambil makna dari cerita tersebut.
7)      Guru menjelaskan tugas yang diberikan Allah kepada manusia.
c.       Penutup
Guru menyimpulkan materi pembelajaran.

E.     ALAT DAN SUMBER BELAJAR
  1. Alkitab.
  2. Buku PAK kelas 3, Mitra, Medan, 2006.
  3. Buku PAK kelas 3, BMI, Bandung, 2006.
  4. Buku PAK kelas 3, BPK Gunung Mulia, Jakarta, 2007.

F.      PENILAIAN
  1. Teknik Instrumen: Penugasan
  2. Bentuk Instrumen: Laporan
  3. Contoh Instrumen:
Mendaftarkan manfaat benda-benda sekitarnya kepada dirinya!



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                     :    Sekolah Dasar
Mata Pelajaran          :    Pendidikan Agama Kristen.
Kelas / Semester       :    III (Tiga) / Genap

Standar Kompetensi  : Mendeskripsikan arti mensyukuri pemberian Allah dalam kehidupan komunitas keluarga dan menunjukkan syukur melalui tanggung jawab dalam keluarga.
Kompetensi Dasar    :    Siswa mampu memelihara alam ciptaan Allah.
Indikator                   :    Menjelaskan pentingnya kesadaran umat manusia untuk mengembangkan, memelihara dan melestarikan alam ciptaan Allah.
Alokasi Waktu          :    3 jam

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN
  1. Siswa dapat merancang cara melaksanakan tugas yang diberikan Allah kepada manusia sebagai seorang anak di rumah.
  2. Siswa dapat merancang cara melaksanakan tugas yang diberikan Allah kepada manusia sebagai seorang siswa di sekolah.
  3. Siswa dapat memadukan tugas dan tanggung jawab di rumah dan sekolah untuk melaksanakan tugas yang diberikan Allah.
  4. Siswa dapat mendemonstrasikan tugas dan tanggung  jawabnya untuk melaksanakan tugas yang diberikan Allah.

B.     MATERI PEMBELAJARAN
Peranan manusia dalam mengembangkan dan memelihara alam.

C.     METODE PEMBELAJARAN
Ceramah, Tanya-jawab.

D.     LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
  1. Pertemuan keduabelas
a.       Pendahuluan
1)      Apersepsi: Mengingat tugas yang diberikan Allah kepada manusia.
2)      Motivasi: Manusia memiliki tugas melestarikan alam.
b.      Kegiatan Inti
1)      Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok dengan 3 orang satu kelompok.
2)      Dengan bimbingan guru, siswa mendiskusikan cara melaksanakan tugas yang diberikan Allah kepada manusia, sebagai seorang:
a)      Anak di rumahnya.
b)      Siswa di sekolah.
3)      Guru merangkum dan menjelaskan tindakan-tindakan yang harus dilakukan dalam melaksanakan tugas yang diberikan Allah kepada manusia.
c.       Penutup
Guru menyimpulkan materi pembelajaran.

E.     ALAT DAN SUMBER BELAJAR
  1. Alkitab.
  2. Buku PAK kelas 3, Mitra, Medan, 2006.
  3. Buku PAK kelas 3, BMI, Bandung, 2006
  4. Buku PAK kelas 3, BPK Gunung Mulia, Jakarta, 2007.

F.      PENILAIAN
  1. Teknik Instrumen: Tes Tertulis
  2. Bentuk Instrumen: Uraian
  3. Contoh Instrumen:
a.       Uraikanlah tugasmu kepada Allah sebagai seorang anak di rumah!
b.      Uraikanlah tugasmu kepada Allah sebagai seorang siswa di sekolah!




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                     :    Sekolah Dasar
Mata Pelajaran          :    Pendidikan Agama Kristen.
Kelas / Semester       :    III (Tiga) / Genap

Standar Kompetensi  : Mendeskripsikan arti mensyukuri pemberian Allah dalam kehidupan komunitas keluarga dan menunjukkan syukur melalui tanggung jawab dalam keluarga.
Kompetensi Dasar    :    Siswa mampu memelihara alam ciptaan Allah.
Indikator                   :    Menjelaskan dampak kelalaian manusia berakibat buruk bagi manusia.
Alokasi Waktu          :    3 jam

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN
  1. Siswa dapat mendaftarkan contoh-contoh kelalaian manusia dalam memelihara ciptaan Allah
  2. Siswa dapat menjelaskan akibat kelalaian manusia dalam memelihara ciptaan Allah.
  3. Siswa dapat mendaftarkan contoh-contoh ketidakseimbangan alam terhadap kehidupan manusia.
  4. Siswa dapat membuktikan akibat kelalaian manusia dalam memelihara ciptaan Allah .
  5. Siswa dapat mengubah perilaku yang merugikan alam semesta.
  6. Siswa dapat mendemonstrasikan perilaku sehari-hari yang bertujuan menjaga kelestarian alam.

B.     MATERI PEMBELAJARAN
Dampak kelalaian manusia dalam memelihara alam ciptaan Allah.

C.     METODE PEMBELAJARAN
Ceramah, Tanya-jawab.

D.     LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
  1. Pertemuan ketigabelas
a.       Pendahuluan
1)      Apersepsi: Mengingat peranan manusia terhadap alam ciptaan Allah.
2)      Motivasi: Alam sangat kejam terhadap manusia.
b.      Kegiatan Inti
1)      Dengan bimbingan guru, siswa mendaftarkan contoh-contoh bencana alam yang pernah dia dengar.
2)      Guru menjelaskan sebab terjadinya bencana.
3)      Siswa mengemukakan contih-contoh kelalaian manusia terhadap alam.
4)      Guru menjelaskan akibat kelalaian manusia dalam memelihara alam ciptaan Allah.
5)      Guru menjelaskan kemahakuasaan Allah atas segala-galanya.
c.       Penutup
Guru merangkum materi pembelajaran.

E.     ALAT DAN SUMBER BELAJAR
  1. Alkitab.
  2. Buku PAK kelas 3, Mitra, Medan, 2006.
  3. Buku PAK kelas 3, BMI, Bandung, 2006.
  4. Buku PAK kelas 3, BPK Gunung Mulia, Jakarta, 2007.


F.      PENILAIAN
  1. Teknik Instrumen: Tes Tertulis
  2. Bentuk Instrumen: Uraian
  3. Contoh Instrumen:
Tuliskanlah contoh-contoh bencana alam yang pernah kamu dengar!




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                     :    Sekolah Dasar
Mata Pelajaran          :    Pendidikan Agama Kristen.
Kelas / Semester       :    III (Tiga) / Genap

Standar Kompetensi  : Mendeskripsikan arti mensyukuri pemberian Allah dalam kehidupan komunitas keluarga dan menunjukkan syukur melalui tanggung jawab dalam keluarga.
Kompetensi Dasar    :    Siswa mampu memelihara alam ciptaan Allah.
Indikator                   :    Mengenal Allah dari sifat-sifat-Nya.
Alokasi Waktu          :    9 jam

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN
  1. Siswa dapat mempertanyakan Allah dari sifat-sifatNya.
  2. Siswa dapat mengurutkan kemahakuasaan Allah atas segala-galanya.
  3. Siswa dapat mempertanyakan Allah dari sifatnya sebagai Allah Maha Kuasa.
  4. Siswa dapat mempertanyakan Allah dari sifatnya sebagai Allah Maha Esa.
  5. Siswa dapat mempertanyakan Allah dari sifatnya sebagai Allah Maha Pengasih.
  6. Siswa dapat mempertanyakan Allah dari sifatnya sebagai Allah Maha Penolong.
  7. Siswa dapat mengimani Allah dari sifat-sifatNya.
  8. Siswa dapat megoreksi diri sendiri sebagai makhluk ciptaan Allah.
  9. Siswa dapat menyesuaikan diri sebagai makhluk ciptaan Allah.
  10. Siswa dapat menjelaskan kedudukan Allah atas manusia.
  11. Siswa dapat membuktikan kemahakuasaan Allah atas manusia.

B.     MATERI PEMBELAJARAN
Allah Maha Kuasa.

C.     METODE PEMBELAJARAN
Ceramah, Tanya-jawab.

D.     LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
  1. Pertemuan keempatbelas
a.       Pendahuluan
1)      Apersepsi: Mengingat Allah menciptakan alam semesta dan manusia.
2)      Motivasi: Allah itu satu.
b.      Kegiatan Inti
1)      Guru menjelaskan bahwa Allah sangat berkuasa atas segalanya.
2)      Dengan bimbingan guru, siswa mencari bukti kemahakuasaan Allah.
3)      Guru menjelaskan bahwa Allah itu Esa.
4)      Dengan bimbingan guru, siswa mencari bukti keesaan Allah.
c.       Penutup
Guru menyimpulkan materi pembelajaran.
  1. Pertemuan kelimabelas
a.       Pendahuluan
1)      Apersepsi: Mengingat Allah itu Maha Kuasa dan Maha Esa.
2)      Motivasi: Allah itu penyayang.
b.      Kegiatan Inti
1)      Guru menjelaskan bahwa Allah Maha Pengasih.
2)      Dengan bimbingan guru, siswa mencari bukti bahwa Allah Pengasih terhadap umat-Nya.
c.       Penutup
Guru menyimpulkan materi pembelajaran.
  1. Pertemuan keenambelas
a.       Pendahuluan
1)      Apersepsi: Mengingat bahwa Allah itu Maha Kuasa, Maha Esa dan Maha Pengasih.
2)      Motivasi: Allah itu penolong bagi kita.
b.      Kegiatan Inti
1)      Guru menjelaskan bahwa Allah itu Maha Penolong.
2)      Dengan bimbingan guru, siswa mencari bukti bahwa Allah itu Maha Penolong.
3)      Guru menjelaskan kedudukan Allah atas manusia.
4)      Dengan bimbingan guru, siswa mencari bukti kemahakuasaan Allah atas manusia.
c.       Penutup
Guru menyimpulkan materi pembelajaran.

E.     ALAT DAN SUMBER BELAJAR
  1. Alkitab.
  2. Buku PAK kelas 3, Mitra, Medan, 2006.
  3. Buku PAK kelas 3, BMI, Bandung, 2006.
  4. Buku PAK kelas 3, BPK Gunung Mulia, Jakarta, 2007.

F.      PENILAIAN
  1. Teknik Instrumen: Tes Tertulis
  2. Bentuk Instrumen: Uraian
  3. Contoh Instrumen:
Menyebutkan dan menjelaskan sifat-sifat Allah.




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                     :    Sekolah Dasar
Mata Pelajaran          :    Pendidikan Agama Kristen.
Kelas / Semester       :    III (Tiga) / Genap

Standar Kompetensi  : Mendeskripsikan arti mensyukuri pemberian Allah dalam kehidupan komunitas keluarga dan menunjukkan syukur melalui tanggung jawab dalam keluarga.
Kompetensi Dasar    :    Siswa mampu memelihara alam ciptaan Allah.
Indikator                   :    Menjelaskan akan bukti kemahakuasaan Allah atas segala ciptaan-Nya.
Alokasi Waktu          :    3 jam

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN
  1. Siswa dapat menjelaskan kedudukan Allah atas segala ciptaanNya.
  2. Siswa dapat membuktikan kemahakuasaan Allah atas segala ciptaanNya.
  3. Siswa dapat membangun perilaku yang mengakui kemahakuasaan Allah.
  4. Siswa dapat menyebutkan tugas manusia atas alam.

B.     MATERI PEMBELAJARAN
Bukti kemahakuasaan Allah atas segala ciptaan-Nya.

C.     METODE PEMBELAJARAN
Ceramah, Tanya-jawab.

D.     LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
  1. Pertemuan ketujuhbelas
a.       Pendahuluan
1)      Apersepsi: Mengingat kedudukan Allah atas manusia.
2)      Motivasi: Allah berkuasa atas alam semesta.
b.      Kegiatan Inti
1)      Guru menjelaskan kemahakuasaan Allah atas alam semesta.
2)      Dengan bimbingan guru, siswa mencari bukti kemahakuasaan Allah atas alam semesta.
3)      Guru menjelaskan tugas manusia atas alam
c.       Penutup
Guru menyimpulkan materi pembelajaran.

E.     ALAT DAN SUMBER BELAJAR
  1. Alkitab.
  2. Buku PAK kelas 3, Mitra, Medan, 2006.
  3. Buku PAK kelas 3, BMI, Bandung, 2006.
  4. Buku PAK kelas 3, BPK Gunung Mulia, Jakarta, 2007

F.      PENILAIAN
  1. Teknik Instrumen: Tes Tertulis
  2. Bentuk Instrumen: uraian
  3. Contoh Instrumen:
Mendaftarkan bukti-bukti kemahakuasaan Allah atas segala ciptaan-Nya.




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                     :    Sekolah Dasar
Mata Pelajaran          :    Pendidikan Agama Kristen.
Kelas / Semester       :    III (Tiga) / Genap

Standar Kompetensi  : Mendeskripsikan arti mensyukuri pemberian Allah dalam kehidupan komunitas keluarga dan menunjukkan syukur melalui tanggung jawab dalam keluarga.
Kompetensi Dasar    :    Siswa mampu memelihara alam ciptaan Allah.
Indikator                   :    Melaksanakan program kegiatan melestarikan alam di lingkungan sekolah / tempat tinggal.
Alokasi Waktu          :    3 jam

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN
  1. Siswa dapat merancang program sebagai tindakan melestarikan lingkungan di rumah.
  2. Siswa dapat merancang program sebagai tindakan melestarikan lingkungan di sekolah.
  3. Siswa dapat memprakarsai program melestarikan lingkungan.
  4. Siswa dapat mendemonstrasikan kegiatan sehari-hari dengan melaksanakan program melestarikan lingkungan.

B.     MATERI PEMBELAJARAN
Tindakan melestarikan alam di lingkungan sekolah / tempat tinggal.

C.     METODE PEMBELAJARAN
Ceramah, Tanya-jawab, Demonstrasi

D.     LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
  1. Pertemuan kedelapanbelas
a.       Pendahuluan
1)      Apersepsi: Mengingat tugas manusia atas alam.
2)      Motivasi: Kebersihan pangkal kesehatan.
b.      Kegiatan Inti
1)      Dengan bimbingan guru, siswa menyusun program melestarikan lingkungan di rumah.
2)      Dengan bimbingan guru, siswa melaporkan hasil pekerjaannya.
3)      Dengan bimbingan guru, siswa menyusun program kegiatan melestarikan lingkungan di sekolah.
4)      Siswa melaksanakan program yang disusunnya.
c.       Penutup
1)      Guru merangkum materi pembelajaran.
2)      Guru memberikan penilaian kepada siswa yang sedang bekerja.

E.     ALAT DAN SUMBER BELAJAR
  1. Buku PAK kelas 3, Mitra, Medan 2006.
  2. Buku PAK kelas 3, BMI, Bandung, 2006.
  3. Buku PAK kelas 3, BPK Gunung Mulia, Jakarta, 2007
  4. Lingkungan sekolah dan lingkungan rumah.
  5. Alat-alat kebersihan (sapu, Kain Lap, Kain Pel, Penghapus, dll).


F.      PENILAIAN
  1. Teknik Instrumen: Unjuk Kerja
  2. Bentuk Instrumen: Penilaian Proses.
  3. Contoh Instrumen:
Melaksanakan program yang telah disusunnya.





Silahkan Download:
Format Word
Format Pdf